Sedekah Bumi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal diteliti oleh Tim Penelitian UNNES

Sedekah Bumi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

Semarangkita.id – Tim penelitian ini diketuai oleh Pradika Adi Wijayanto, S.Pd, M.Pd. Anggota penelitian ini yaitu: Ferani Mulianingsih, S.Pd, M.Pd.; Prof. Dr. Juhadi, M.Si; Andika Rizky Heristama, S.Pd; Ni’maturrodhiyah; Aulia Syafira Fitri; dan Erin Dian Winarni. Perkembangan teknologi semakin pesat untuk mendukung efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan pembelajaran IPS. Sebagai guru ilmu sosial diharapkan dapat mengajarkan materi IPS untuk semua peserta didik, tidak terkecuali peserta didik yang mengalami inklusi. Tidak hanya materi pembelajaran IPS saja yang dibelikan kepada peserta didik inklusi, akann tetapi guru juga diharapkan dapat menanamkan nilai luhur dari pendidikan karakter dan profil pelajar Pancasila. Oleh karena itu, pembelajaran IPS dapat diintegrasikan dengan kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing.

Pendidikan inklusif era ini sedang gencar masyarakat sebagai bentuk pelayanan yang disediakan dalam proses penyelenggaraan Pendidikan yang baik. Pendidikan inklusi mempunyai tujuan yaitu mengembangkan potensi peserta didik, hal ini dapat dikatakan bahwa pendidikan  inklusi mempunyai sifat tidak diskriminasi dan humanis. Hal ini sejalan dengan Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 yang menyatakan bahwa pendidikan inklusif merupakan sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan bagi peserta didik yang mempunyai kelainan untuk mengikuti pendidikan dalam lingkungan pendidikan secara berdampingan bersama peserta didik pada umumnya.

Tujuan penelitian ini adalah mengenalkan media pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal bagi siswa berkebutuhan khusus SLB Negeri Rembang. Nilai-nilai filosofis yang luhur di suatu daerah mengandung kearifan lokal, hal ini sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber belajar IPS di sekolah. Salah satu contoh kearifan lokal yang ditrliti yaitu sedekah bumi. Sedekah bumi yang telah disusun menjadi suatu sumber belajar IPS, diharapkan dapat membantu peserta didik yang mengalami inklusi dapat mempelajari materi IPS dengan mudah dan menarik.

Keraifan lokal sedekah bumi yang kami teliti, kemudian disusun dalam bentuk video pembelajaran. Kemudian video pembelajaran dengan mengangkat tema sedekah bumi di Rembang ini, diimplementasikan dalam pembelajaran IPS di SLB Rembang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *