2024 JNE Membuat Inovasi Baru “Gasss Terus Semangat Kreativitasnya”

JNE

Semarangkita.id – Tahun 2024 merupakan tahun yang sangat berarti untuk JNE karena di tahun ini JNE telah membersamai masyarakat Indonesia genap 33 Tahun lamanya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di tahun ini JNE membawa energi, semangat dan inovasi baru. Tahun 2024 JNE mengusung tema ” Gass Terus Semangat Kreativitasnya”.

Perjalanan JNE selama 33 Tahun hingga sekarang ini tentunya bukan waktu yang singkat. Banyak Lika liku tentunya yang dialami JNE selama membersamai Indonesia yang harus berdaya saing secara Global. Hal itu sesuai dengan Visi dan Misi JNE. Adapun Visi JNE sendiri menjadi Perusahaan Logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global. Selanjutnya Misi JNE yaitu untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

Pencapaian JNE higga saat ini yang mampu bertahan hingga 33 tahun lamanya pastinya ada perjuangan dan history yang tidak bisa dilupakan. Dilansir dari Laman JNE, jasa ekspedisi ini berdiri pada tanggal 26 November tahun 1990. JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Seiring berjalannya waktu JNE selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman dengan segala tantangannya.  Tahun demi tahun  JNE semangat berinovasi untuk menjadi jasa ekpedisi yang lebih maju dan memperluas jangkauan kebermanfaatan. Berikut bukti semangat dan Inovasi JNE dari tahun ke tahun;

Tahun 1994 JNE mulai merintis layanan pengiriman domestik dengan membuka gerai penjualan di Jl. Tomang Raya No. 3, Jakarta Barat.

Tahun 1995 JNE mulai memperkenalkan sistem drop point atau agen pengiriman yang disebut “Takuhaibin”. JNE banyak memanfaatkan keberadaan warung telekomunikasi (Wartel) yang menjamur pada waktu. Tujuannya adalah untuk membuka Takuhaibin. Inovasi tersebut yang menjadi cikal bakal Agen JNE yang jumlahnya mencapai lebih dari 8,000 titik di seluruh Indonesia pada 2022.

Tahun 2000 JNE merilis logo baru dengan brand “JNE EXPRESS”. Reputasi JNE EXPRESS mulai mencuat sebagai perusahaan ekspedisi terdepan di Indonesia di paruh kedua tahun 2000-an. Seiring dengan tumbuhnya tren pemanfaatan internet untuk transaksi perdagangan dan jual beli secara daring. Reputasi JNE yang mulai mencuat hal ini juga dampak positif dari sebaran Agen JNE yang mudah ditemukan di kota-kota besar. Alasan lainnya adalah  jam operasional dengan layanan 24 jam membuat JNE populer di kalangan pelaku bisnis online.

Tahun 2013 JNE fokus memperbesar kapasitas dan kapabilitas infrastruktur fisik dan teknologinya. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi pesatnya pertumbuhan transaksi belanja daring melalui marketplace. Selain itu untuk mengantisipasi tren gaya hidup digital di Indonesia.

Tahun 2014 JNE mulai berinovasi dengan membuat sebuah platform digital yaitu dengan meluncurkan aplikasi MY JNE. Aplikasi berbasis android tersebut memiliki keunggulan yang dapat membantu pelanggan untuk mengecek tarif kiriman, menelusuri posisi paket, lokasi konter terdekat, sekaligus tempat transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli individual.

Tahun 2017 JNE membangun E-fulfillment di beberapa cabang. Inovasi ini sebagai solusi bisnis terpadu bagi para pelaku UMKM khususnya pemilik nama dagang, yang berjualan secara daring. E-fulfillment membantu para pelaku UMKM fokus pada pengembangan produk dan marketing digital. Selanjutnya aktivitas logistiknya, mulai dari manajemen pergudangan, stok barang, pemilahan dan pengemasan sampai pengantaran barang ke tangan pelanggan, ditangani oleh JNE.

Tahun 2020 JNE merintis pembangunan pusat sortir otomatis berskala besar yang disebut Mega Hub di Bandara Mas, Cengkareng, Tangerang. Mega Hub diproyeksikan bisa memproses 1 juta paket dalam sehari.

Tahun 2022 JNE merilis Roket Indonesia, yaitu layanan kurir instan berbasis aplikasi yang menjamin estimasi pengantaran sampai dalam waktu 1 jam. Layanan ini sudah tersedia di 54 kota atau Cabang JNE.

Inovasi yang telah dilakukan JNE dari Tahun 1994 hingga tahun 2022 dan bertahan hingga sekarang ini telah membuktikan semangat dan mengekspresikan energi dari JNE yang selalu mengedepankan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

Perkembangan zaman sangat dinamis dan tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan jasa ekspedisi semakin ketat. Semoga dengan semangat yang membara dan inovasi-inovasi baru yang membuat gebrakan baru untuk JNE. Semoga JNE kedepannya semakin maju dan pelayanan pelanggan semakin optimal.

#JNE#ConnectingHappiness#JNE33Tahun#JNEContentCompetition2024#GassTerusSemangatKreativitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *