Tim Pengabdian FMIPA UNNES Dukung Kompetensi Guru Dalam Merancang Asesmen Non Kognitif

Semarangkita.id – Tim Pengabdi dari FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberi pelatihan kepada 31 guru-guru MGMP IPA Kota Semarang. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 25 – 26 Juli 2024 di SMP Krista Mitra. Tema pemgabdian yaitu Penguatan Kompetensi Guru IPA dalam Merancang Asesmen Non Kognitif (ANK) Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dibuka dengan arahan dari Wakil Ketua MGMP IPA Kota Semarang, Imam Budi Haryanto, S.Pd. Beliau menyatakan bahwa guru-guru IPA sangat memerlukan pelatihan perancangan ANK sampai dengan cara menganalisis dan mengevaluasi hasilnya.

Tim pengabdi yang terlibat antara lain Risa Dwita Hardianti, S. Pd., M. Pd., Stephani Diah Pamelasari, S.S., M.Hum., Muhammad Ahganiya Naufal, S.Si., M.Si., dan Luthfi Hanum Saputri, S.Pd.,.  Selain itu diikuti oleh tiga mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, yaitu Catur Septia Hijriati, Nadia Eka Ardhiani, dan Kaylha Salsabilla Nurazizan.

Sumber: Dokumentasi Tim Pengabdian FMIPA UNNES

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Rizki Nor Amalia, S.Pd., M.Pd. dan Indah Urwatin Wusqo, S.Pd., M.Pd., keduanya merupakan pakar penelitian dan evaluasi pembelajaran. Bu Rizki memberikan pengantar mengenai asesmen, meliputi pengukuran, penilaian, dan evaluasi dalam konteks Pendidikan, serta asesmen kognitif dan asesmen non kognitif.  Peserta diberi arahan untuk menyusun instrumen asesmen yang baik. Asesmen yang disusun setidaknya memenuhi dua syarat minimal yaitu harus valid dan reliabel. Materi pada sesi kedua disampaikan oleh Bu Indah. Bu Indah memperkenalkan macam-macam ANK yang dapat dirancang dalam pembelajaran IPA. Bu Indah mengungkapkan bahwa selain ANK untuk mengetahui psikologis atau emosi peserta didik latar belakang, minat bakat, dan gaya belajar, guru-guru IPA dapat mengembangkan ANK untuk menilai sikap ilmiah maupun keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran IPA. Dengan demikian, guru dapat melakukan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan hakikat pembelajaran IPA.

Sebagai luaran dari kegiatan pelatihan, para peserta diminta merancang instrumen ANK pembelajaran IPA. Instrumen ini wajib dilampirkan dalam modul ajar guru. Kegiatan ini merupakan kegiatan mandiri yang dilakukan oleh peserta pelatihan secara individu tapi tetap ada monitoring dari Tim Pengabdi secara berkala untuk memastikan rancangan asesmen yang disusun guru-guru IPA memenuhi kriteria asesmen yang baik.

 

Exit mobile version